Rabu, 30 Januari 2013

Si kecil susah sikat gigi? Ini tipsnya!


Foto: Google.com

MOMS & DADS! Masalah gigi dan mulut pada orang dewasa cenderung mengganggu aktivitas sehari-hari. Dari rasa nyeri yang hilang timbul sampai nyeri berkepanjangan yang membuat aktivitas terhenti sama sekali. Nah, coba bayangkan kalau hal tersebut terjadi pada si kecil? Pasti sedih rasanya melihat buah hati kita mengalami gangguan pada gigi dan mulutnya.
Dari itu, alangkah baiknya jika kita sebagai orangtua membiasakan buah hati untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya sejak dini. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa Moms dan Dads lakukan untuk mengajak si kecil sikat gigi:



Tips Sukses Sikat Gigi
  • Orangtua sebaiknya menjadi contoh. Ajaklah si kecil melihat ayah, ibu, atau kakaknya menyikat gigi. Sebaiknya orang tua melakukan kegiatan menyikat gigi bersama-sama si kecil sehingga si kecil dapat melihat langsung cara menyikat gigi.
  • Jadikan kegiatan menyikat gigi sebagai salah satu kebutuhan yang harus dilakukan minimal dua kali sehari.
  • Buatlah kegiatan menyikat gigi sebagai acara yang menyenangkan.
  • Berikan pengertian pada anak mengenai manfaat menyikat gigi. Contoh, gigi jadi bersih, tidak berlubang, gigi tidak sakit atau bengkak dan sebagainya. Tapi jangan lakukan dengan cara menakut-nakuti anak. Gunakalah metode persuasif/membujuk.

Anak-anak cenderung meniru dan mencontoh apa yang dilakukan orang terdekatnya. Ketika suatu kegiatan dapat dilakukan dengan menyenangkan, si kecil pun akan terbiasa melakukannya. Jangan menyerah jika si kecil menolak sikat gigi, ajaklah terus secara konsisten dua kali sehari.

Semoga bermanfaat, Moms & Dads! :)

-       drg. Eva Fauziah, Sp. KGA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar